Archive Pages Design$type=blogging

F-Trans Tourism Transport
Ingin Berparawisata Dengan Aman Dan Nyaman ? Tinggal Telpon, Sebutkan Alamat Penjemputan,Tujuan yang anda Tentukan

Tips Mencegah Rasa Kantuk di Perjalanan

Mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat pada saat perjalanan mudik merupakan suatu keputusan yang cukup mempunyai risiko, salah ...


Mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat pada saat perjalanan mudik merupakan suatu keputusan yang cukup mempunyai risiko, salah satunya adalah kecelakaan. Hasil dari data kepolisian, pada tahun 2011 sekitar 55 persen atau 1.018 kasus kecelakaan terjadi pada arus mudik. Kecelakaan ini disebabkan pengendara atau pengemudi yang mengantuk.

Dr. Andreas Prasadja RPSGT, Spesialis Gangguan Tidur, RS Mitra Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan, “Menyetir dengan kondisi mengantuk sama bahayanya dengan mabuk yang berdampak hilangnya kewaspadaan serta kemampuan berkendara.”

Apabila menyetir dalam kondisi mengantuk, akan membahayakan pengguna jalan lainnya. Ada sebagian orang yang menghilangkan rasa ngantuk dengan meminum kopi atau suplemen penambah stamina. Kedua cara itu bukanlah solusi karena hanya menunda rasa kantuk saja.

Untuk Anda yang akan mengemudikan kendaraan ketika hendak pulang dari kampung halaman, sebaiknya perlu mengetahui ciri-ciri ketika sudah mulai lelah atau mengantuk. Ciri-cirinya seperti, menguap berulang kali disertai mata berair, kepala disandarkan, dan mengendarai mobil sudah mulai tidak lurus. Jika ciri tersebut dibiarkan, maka sangat membahayakan Anda, keluarga, dan pengguna jalan lain.

Untuk mencegah rasa kantuk ketika di perjalanan, sebaiknya Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut ini:

1. Tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan

Tidur yang cukup sanagat dibutuhkan sebelum mengemudikan kendaraan ketika hendak pulang. Tidurlah minimal 6 jam sebelum melakukan perjalanan. Untuk usia di bawah 30 tahun, disarankan untuk tidur selama 8 hingga 9,5 jam, sedangkan usia di atas 30 tahun cukup tidur selama 7 hingga 8 jam saja.

Cara ini cukup ampuh untuk Anda yang akan melakukan perjalanan pulang dengan mengemudikan kendaraan. Badan dan otak Anda akan terasa lebih segar dan siap menghadapi perjalanan dalam kondisi apapun.

2. Sambil mendengarkan musik ketika di perjalanan

Untuk mencegah rasa kantuk di perjalanan, Anda bisa sambil mendengarkan radio atau jenis musik yang disukai. Dengan mendengarkan musik yang disukai, mungkin Anda bisa sambil bernyanyi agar keadaan otak tetap segar dan tidak merasakan kantuk.

Namun, bagi yang sulit berkonsentrasi bila mendengarkan musik di perjalanan, Anda bisa mengajak ngobrol atau bercanda tawa dengan orang yang berada di dalam mobil tersebut. Namun, Anda harus tetap berkonsentrasi.

3. Melakukan perjalanan sesuai jam biologis

Poin ini cukup penting karena Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jam tidur sehari-sehari. Bila Anda terbiasa terbangun di malam hari dan tidur di pagi hari, Anda bisa melakukan perjalanan pada malam hari karena sesuai dengan jam biologis.

Mengemudikan kendaraan dalam kondisi mengantuk sangat membahayakan Anda beserta keluarga. Bila kondisi badan tidak sehat pada hari itu, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengemudikan kendaraan. Selain itu, perlu diingat juga bahwa penting untuk beristirahat setelah mengemudikan kendaraan selama 4 jam. Bila sudah merasakan kantuk berat, obatnya adalah tidur. (NR)

COMMENTS

Mobil F-Trans$type=carousel$count=50


Name

All Arus Mudik Automotive Bali Bandung Bandung Barat Bandung Kota Bandung Selatan Bandung Timur Bandung Utara Bekasi Belanja Berita Bis Bisnis Ciamis Ciater Cisarua Curug Daftar Wisata Elf Factory Outlet Ftrans Guide Guide Bandung Guide Jakarta Hiace Holiday Howto Hutan Info Islami Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Kawah Kesehatan Kuliner Lebaran Lembang Makanan Mikro Bus Mobil Monumen Mudik Paket Pangandaran Parawisata Pegunungan Permandian Air Panas Puwakarta Recomended Rental Romantis Sewa Situ Solo Story Taman Tarif Tol Tasikmalaya Teknologi Video Wisata Wisata Bali Wisata Bandung Wisata Belanja Wisata Bogor Wisata Jakarta Wisata Lampung
false
ltr
item
F-trans | Tourism Transport: Tips Mencegah Rasa Kantuk di Perjalanan
Tips Mencegah Rasa Kantuk di Perjalanan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivBEePFErSDYFO-jw6bt6XwL9GFbT3ec0d3OLylrLijyQ0qdWk7kJTanl1duDo7kJDWlTWd1TWX-NBmWIFzIhrrE9l2ozP7UnU0iKAdOXpX9cIXH4N79gE4NwMBUUXu3u0DNdjCEye4-I/s400/ngantuk-sambil-nyetir-250x185.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivBEePFErSDYFO-jw6bt6XwL9GFbT3ec0d3OLylrLijyQ0qdWk7kJTanl1duDo7kJDWlTWd1TWX-NBmWIFzIhrrE9l2ozP7UnU0iKAdOXpX9cIXH4N79gE4NwMBUUXu3u0DNdjCEye4-I/s72-c/ngantuk-sambil-nyetir-250x185.jpg
F-trans | Tourism Transport
http://f-trans.blogspot.com/2015/07/tips-mencegah-rasa-kantuk-di-perjalanan.html
http://f-trans.blogspot.com/
http://f-trans.blogspot.com/
http://f-trans.blogspot.com/2015/07/tips-mencegah-rasa-kantuk-di-perjalanan.html
true
3450626652071532774
UTF-8
Not found any posts Lihat Semua Lihat Selengkapnya Balas Batalkan Hapus Dari Home Halaman Post Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU F-Trans Tourism Transport ARCHIVE PENCAHARIAN Not found any post match with your request KEMBALI KE HOMEPAGE Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec Baru Saja 1 Menit yang lalu $$1$$ Menit Yang Lalu 1 hour ago $$1$$ Jam Yang Lalu Yesterday $$1$$ Hari Yang Lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu