Archive Pages Design$type=blogging

F-Trans Tourism Transport
Ingin Berparawisata Dengan Aman Dan Nyaman ? Tinggal Telpon, Sebutkan Alamat Penjemputan,Tujuan yang anda Tentukan

Destinasi Taman Tematik di Kota Bandung

Sejak zaman pemerintahan Hinda-Belanda, Kota Bandung memang dikenal dengan kota yang memiliki banyak taman. Cuacanya yang sejuk banyak t...


Sejak zaman pemerintahan Hinda-Belanda, Kota Bandung memang dikenal dengan kota yang memiliki banyak taman. Cuacanya yang sejuk banyak terdapat pohon dan bunga-bunga yang tumbuh, menjadikan Bandung mendapat julukan sebagai Kota Kembang.
Tapi sayang, seiring berjalannya waktu, taman-taman yang terletak di Kota Bandung cenderung tidak terawat, bahkan fungsi taman sebagai ruang terbuka hijau untuk interaksi warganya pun hilang. Di Era tahun 2000an, gedung pusat perbelanjaan berbentuk mall banyak dibangun. Sehingga membuat peran taman sebagai ruang interaksi mengalami pergeseran.
Dan sekarang, di masa kepemimpinan wali kota Bandung Ridwan Kamil, pemerintah kota Bandung berusaha untuk mengembalikan fungsi taman-taman kota sebagai ruang terbuka hijau yang dapat digunakan warga Bandung untuk berinteraksi.
Melalui program taman tematik, pemkot Bandung mulai merevitalisasi taman-taman di kota Bandung menjadi lebih indah, dan lebih modern. Dan terbukti, kali ini taman-taman tematik tersebut mulai menjadi primadona baru bagi kota Bandung, dan bahkan dijadikan tujuan wisata baru bagi para wisatawan.
Berikut ini tim InfoBandung sajikan taman-taman tematik yang ada di kota Bandung (bagian kedua).

1. Taman Skateboard
bandung skatepark
Photo Source: @skateparkBDG
Taman ini terletak di kompleks Taman yang ada dibawah jembatan Pasupati. Taman Skateboard diresmikan bersama dengan Taman Jomblo pada tanggal 4 Januari 2014.
Di Taman ini, terdapat lintasan skate board yang sering digunakan para komunitas pecinta skate di kota Bandung. Taman ini memang dibuat sebagai bentuk perhatian pemerintah kota Bandung terhadap komunitas skater di kota Bandung. Selain itu, jaringan internet nirkabel atau WiFi sudah tentu terpasang di taman ini. Untuk informasi taman ini, bisa diakses di akun twitter @skateparkBDG
2. Taman Film
taman film
Di Taman Film sering diselenggarakan acara nonton bareng pertandingan Persib. (ILhamnoor/InfoBandung).
Taman ini menjadi salah satu taman yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat. Taman Film ini terletak di bawah jembatan Pasupati yang berada setelah Taman Skate Park. Di taman seluas 700 meter persegi ini tersedia layar megatron besar berukuran 4×8 meter.
Namun sampai sekarang, rencana awal Taman Film yang akan menayangkan film tematik setiap harinya belum bisa terwujud. Di taman ini lebih sering digunakan sebagai sarana nonton bareng pertandingan Persib Bandung.
Taman Film ini tercatat sebagai Taman ke-7 yang diresmikan pada 14 September 2014, pengerjaannya sesuai target dalam rangka menyambut ulang tahun Kota Bandung yang jatuh pada 25 September 2014. Untuk informasi seputar Taman ini bisa dilihat di akun twitter @BDG_TamanFilm
3. Taman Lansia
20150115_150830
Ornamen huruf bertuliskan Taman Lansia, sebagai identitas Taman ini. (ILhamnoor/InfoBandung)
Sebelum menjadi Taman Lansia, taman ini banyak dikenal sebagai Taman Cilaki atau Taman Cisangkuy. Sebutan tersebut tentu saja berhubungan dengan nama jalan yang mengapit taman ini. penyebutan taman Lansia mungkin disebabkan oleh banyaknya lansia yang berolahraga di tempat ini, termasuk juga dengan adanya jalan refleksi, dengan batu-batu kali yang sengaja ditonjolkan sebagai terapi refleksi di telapak kaki.
Setelah di renovasi oleh Dinas Pertamanan Kota Bandung, sekarang di Taman Lansia ini terdapat dua buah danau buatan berukuran luasnya 1.397 meter persegi dengan kedalaman 4,5 meter dan volume air 1.806 kubik. Danau kedua, luas 689 meter persegi dengan kedalaman 3,8 meter dan volume air 753 kubik.
20150115_150639
Danau Resistensi di Taman Lansia Bandung sebagai pioneer dibangunnya danau serapan lainnya di Kota Bandung. Desainnya yang menarik, menjadikan Taman Lansia ini sering digunakan sebagai latar belakang pecinta fotografi. (ILhamnoor/InfoBandung)
Danau ini berfungsi sebagai pengendali banjir di wilayah tersebut. Danau ini juga sebagai pioneer dibangunnya danau serapan lainnya di Kota Bandung. Di danau ini juga kita bisa menemukan beragam ikan hias yang mempercantik Taman Lansia ini.
4. Taman Fitness
Sejumlah warga memanfaatkan sarana olahraga di taman Fitness Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/12).
Sejumlah warga berolahraga dengan memanfaatkan fasilitas fitness yang ada di taman fitness jalan Imam Bonjol Bandung. Taman Fitness merupakan salah satu taman tematik yang dibangun pemerintah kota Bandung untuk merevitalisasi taman serta memberikan sarana olahraga kepada masyarakat luas. (Photo: Antara News)
Taman Fitness. Taman ini terletak di jalan Imam Bonjol. Di Taman Fitness ini terdapat beberapa peralatan olahraga seperti fitness outdoor, jogging track, therapy stone, mini soccer yang sudah bisa dinikmati masyarakat.
Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung Arief Prasetya mengungkapkan pengadaan taman fitnes sebesar Rp200 juta yang dibiayai oleh dibiayai APBD.Sedangkan alat-alat kebugaran tersebut juga didatangkan dari negara Jiran Malaysia.
Ia mengungkapkan selain di taman tersebut, akan ada beberapa taman di Kota Bandung yang juga akan disediakan fasilitas serupa.
“Pemilihannya cari tempat yang biasa untuk sarana olahraga warga, tetapi akan menyusul juga di taman-taman lainnya, setelah ini juga bisa Taman Lansia, tapi baru bisa tahun depan,” kata Arief pada Minggu 12 Oktober 2014 dikutip dari Republika Online.
5. Pet Park
20150115_151225
Pet Park Tampak Depan. Kehadiran Pet Park atau taman hewan ini diharapkan dapat menfasilitasi pecinta hewan di kota Bandung sehingga tidak mengganggu kenyamanan warga lain. (ILhamnoor/InfoBandung).
Seperti halnya taman lain yang sudah ada di Bandung, Taman Hewan juga memiliki sejumlah fasilitas khusus untuk binatang. Di taman tersebut ada jogging track, alat ketangkasan hewan, hingga kandang hewan. Taman ini tidak mengacu pada satu binatang saja, namun beragam jenis binatang bisa menikmati keasrian Taman ini.
B5vUGbMCEAAV7en.jpg large
Photo Source: Diskamtam Kota Bandung
Taman Hewan ini juga tetap dibuat sejuk sehingga tetap bisa dimanfaatkan masyarakat. Meskipun sempat ada penolakan dari warga, namun sudah diselesaikan dengan musyawarah sehingga tidak menghalangi pembangunan.
Taman yang terletak di Jalan Cilaki ini memang lokasinya berada di seberang rumah warga, tapi tidak menempel ke Cisangkuy. “Saya sudah menjelaskan kepada warga kalau kita tidak akan mengganggu, pagar tetap dipasang,” ucap Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung, Arief Prasetya.
6. Taman SuperHero
20150302_155046
Taman Superhero Tampak Depan (ILhamnoor/InfoBandung)
Taman di jalan Anggrek ini disulap menjadi Taman dengan tema superhero. Disini pengunjung bisa bertemu dengan Gatotkaca, salah satu tokoh superhero asli Indonesia, yang sedang “memamerkan” otot tulang besinya. Gatotkaca yang ada di tempat itu merupakan patung karya seorang perupa ternama dari Kota Bandung. Tubuhnya tersusun dari potongan logam tak terpakai. Beratnya disebut sampai ratusan kilogram.
Gatotkaca tidak sendirian. Di dalam taman yang letaknya di tengah Jalan Anggrek dan Bengawan, Kota Bandung, ini juga berkumpul superhero lainnya. Ada Spiderman, Batman, Superman, dan satu lagi pahlawan super dalam negeri, Gundala Putra Petir.
20150115_152519
Patung Gatot Kaca yang terbuat dari logam berdiri kokoh di salah satu sudut Taman Super Hero Bandung. (ILhamnoor/InfoBandung)
Sebelum para superhero “berkumpul”, taman yang dahulu dikenal dengan nama Taman Anggrek ini bagaikan mati suri. Gelap, penuh sampah dan becek saat hujan. Terkadang, taman tersebut dimanfaatkan oleh para pemulung untuk tempat singgah.
Taman ini memang tidak besar, hanya sekira 600 meter persegi. Namun rindangnya pohon-pohon di sekitaran bisa menyegarkan pikiran yang penat. Fasilitas di taman ini memang tidak jauh berbeda dengan taman-taman lainnya. Hanya saja, selain dibuat menarik dengan patung-patung pahlawan super, di Taman ini juga dilengkapi oleh Perpustakaan dan toilet portabel.
20150302_155412
Tersedia juga fasilitas permainan anak di Taman Super Hero/ (ILhamnoor/InfoBandung)
Di sini, pengunjung juga bisa “cari” keringat. Pengunjung yang menggemari olahraga voli nantinya bisa mencoba inovasi baru dari Diskamtam Kota Bandung. Lapangan bola voli yang biasanya becek di taman ini akan disulap menjadi lapangan voli pantai

COMMENTS

Mobil F-Trans$type=carousel$count=50


Name

All Arus Mudik Automotive Bali Bandung Bandung Barat Bandung Kota Bandung Selatan Bandung Timur Bandung Utara Bekasi Belanja Berita Bis Bisnis Ciamis Ciater Cisarua Curug Daftar Wisata Elf Factory Outlet Ftrans Guide Guide Bandung Guide Jakarta Hiace Holiday Howto Hutan Info Islami Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Kawah Kesehatan Kuliner Lebaran Lembang Makanan Mikro Bus Mobil Monumen Mudik Paket Pangandaran Parawisata Pegunungan Permandian Air Panas Puwakarta Recomended Rental Romantis Sewa Situ Solo Story Taman Tarif Tol Tasikmalaya Teknologi Video Wisata Wisata Bali Wisata Bandung Wisata Belanja Wisata Bogor Wisata Jakarta Wisata Lampung
false
ltr
item
F-trans | Tourism Transport: Destinasi Taman Tematik di Kota Bandung
Destinasi Taman Tematik di Kota Bandung
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhinWvUFMOKe4z_5CoDgo7WDZ1V5CWeX5eYe7m9DPca0rdMYSgCKpDRlHh3FA8JVF-Vm5ojZvob9zDFZBVstSDee1jdFrygPbYXi4maNXwYU75X3s0utebVvd57tw8Yta645nY_Ur3voBY/s640/20150115_150639.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhinWvUFMOKe4z_5CoDgo7WDZ1V5CWeX5eYe7m9DPca0rdMYSgCKpDRlHh3FA8JVF-Vm5ojZvob9zDFZBVstSDee1jdFrygPbYXi4maNXwYU75X3s0utebVvd57tw8Yta645nY_Ur3voBY/s72-c/20150115_150639.jpg
F-trans | Tourism Transport
https://f-trans.blogspot.com/2015/07/destinasi-taman-tematik-di-kota-bandung.html
https://f-trans.blogspot.com/
http://f-trans.blogspot.com/
http://f-trans.blogspot.com/2015/07/destinasi-taman-tematik-di-kota-bandung.html
true
3450626652071532774
UTF-8
Not found any posts Lihat Semua Lihat Selengkapnya Balas Batalkan Hapus Dari Home Halaman Post Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN UNTUKMU F-Trans Tourism Transport ARCHIVE PENCAHARIAN Not found any post match with your request KEMBALI KE HOMEPAGE Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec Baru Saja 1 Menit yang lalu $$1$$ Menit Yang Lalu 1 hour ago $$1$$ Jam Yang Lalu Yesterday $$1$$ Hari Yang Lalu $$1$$ minggu yang lalu lebih dari 5 minggu yang lalu